Gesrek kesenian Unik Dari Garut

Gesrek kesenian Unik Dari Garut - Kesenian gesrek sudah lama berkembang di kecamatan Pamulihan ,terutama  di Kampung Kamongan ,Desa Pakenjeng Gaarut. Kesenian ini mirip kesenian debus dari Banten.


Ada beberapa atraksi dalam kesenian ini yang bernuansa magis.
Misalnya mempertontonkan orang yang tahan pukul,kebal senjata tajam atau kebal dari panas api.
Kesenian gesrek oleh para pengelolanya sering juga disebut kesenian bubuang pati,yang juga bisa di artikan menaruhkan nyawa.
Namun demikian, kesenian ini sangat religius. Doa- doa yang di ucapkan oleh parapemain gesrek pun berasal dari ayat ayat Al-Quran.

Tidak jelas benar bagaimana asal usul kesenian ini  sehingga dimanakan kesenian gesrek.kata 'gesrek' kemungkinan besar di ambil dari atraksi atraksi yang di mainkan. 'Gesrek' atau 'Pagesrek' salam bahasa sunda berarti menunjukan dua benda keras yang saling bergesekan. Ketika mempertontonkan kesaktiannya,para pemain memang sengaja menggesek -gesekan berbagai benda keras dan tajam seperti golok atau senjata lainnya pada tubuh mereka.Krena tubuh mereka kebal, maka benda benda tajam tidak bisa melukai tubuh itu,hanya 'pagesrek'.

Para pemain gesrek biasanya terdiri dari 10 orang,pemain ini disebut juga pemain golok mereka di bantu oleh 4 sampai 7 orang yang tugasnya menyediakan peralatan serta menjaga keamanan pertunjukan dan biasanya kesenian ini di iringi kendang penca.
Sehari sebelum pertunjukan,ketua kesenian ini harus menyiapkan sesajen yang berupa kelapa muda,telur,rujak roti,rujak asam,rujak kelapa,pisang mas,nasi tumpeng dan cerutu.Pada saat pertunjukan peralatan yang di perlukan harus di gelar terlebih dahulu untuk kemudian di beri mantra/doa agar tuhan memberi keselamatan.

Setelah doa di bacakan,masuklah sorang pemain mempertunjukan jurus jurus pencak silat, sesaat kemudian pemain ini akan di rasuki arwah dan melakukan gerakan gerakan yang cepat yang menyeramkan. Jika  sudah demikian para pemain lainnya akan memasuki arena sambil melakukan hal yang sama.

Ketua kesenian gesrek kembali mengucapkan mantra mantra agar arwah yang merasuki para pemain segera keluar,para pemain gesrek akan sadar kembali. Lalu alat alat yang telah di gelar sebelumnya "dilemahkan".Golok yang awalnyatajam menjadi tumpul,atau yang keras menjadi lunak.Setelah itu tetabuhan yang dibunyikan di iringi solawat nabi.Di mulailah atraksi - atraksi yang mirip pertunjukan debus.Misalnya menusuk nusuk perut dengan golok,memukul kepala dengan bambu atau berguling di atas bara api.

Kesenian ini sering di tampilkan dalam kegiatan agustusan,atau sengaja di undang untuk memeriahkan berbagai hajatan hingga saat ini ada beberapa grup kesenian dan sangat berpotensi untuk di jadikan wisata budaya.

Namun generasi muda sekarang banyak yang tidak peduli dengan kesenian ini bahkan tidak sedikit orang tidak mengetahui bahwa Garut memiliki kesenian yang tidak kalah bagusnya dari kesenian debus banten.mungkin kaarna tergerus oleh kemajuan zaman dan teknologi sehingga membuat anak muda kurang peduli akan budaya mereka sendiri tetapi tidak sedikit juga anak muda yang mulai ingin memajukan budayanya sendiri dan ikut serta melestarikan kesenian tradisional khas Garut agar budaya kita tidak punah.

sekian artikel tentang  Gesrek kesenian Unik Dari Garut semoga bermanfaat dan meanambah pengetahuan serta kecintaan terhadapn budaya bangsa.Terimakasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon